Rabu, 08 Februari 2012

Cara Menggunakan Sepasang Mistar Segitiga

Dalam dunia desain, kita mengenal beberapa alat bantu untuk menggambar atau mendesain sebuah objek seperti Meja gambar dan juga alat bantu yang berteknologi tinggi seperti komputer yang sudah ada atau terinstal sebuah program yang khusus untuk mendesain bangunan seperti Archicad, Autocad dan lain-lain. Tapi alat-alat bantu ini hanya bisa digunakan dirumah, kantor atau tempat yang khusus karena tidak mungkin alat-alat bantu ini kita bawah kemana saja sesuai dengan yang kita inginkan kecuali, kalau teman menggunakan leptop yang sudah terinstal progral-program tersebut. Nah, dari problem inilah saya akan berbagi kepada teman bagaimana cara menggunakan sepasang mistar segitiga dengan baik dan juga sangat cepat dalam mendesain sebuah objek. Yups langsung saja

Pertama sediakan sepasang mistar segitiga dan sebuah kertas gambar, terserah dengan ukuran kertas yang ingin teman gunakan.

Membuat garis horizontal

  1. Setelah sepasang mistar segitiga dan sebuah kertas disediakan. Kita mulai dengan membuat garis horizontal, Letakkan kertas gambar dilantai atau meja gambar yang biasa teman gunakan kemudian letakkan sepasang mister segitiga tadi diatas kertas tersebut. Contohnya seperti gambar dibawah ini :


Pastikan mistar segitiga 45o benar-benar pada posisi yang lurus dan jangan sampai mistar segitiga 45o bergerak atau bergeser sedikitpun dari tempatnya. Kemudian letakkan segitiga 60o tepat disamping segitiga 45o seperti pada gambar diatas.

  1. Kemudian gunakan telapak tangan teman sebagai penyangga pada segitiga 60o agar tidak dapat bergeser. seperti gambar dibawah ini :


  1. Setelah itu gunakan jari kelingking dan jari manis teman sebagai pendukung untuk makin memperkuat segitiga 60o seperti gambar dibawah ini :



  1. Nah, kalau segitiga 60o derajat sudah pada posisi dan dan tidak bisa bergeser, teman lanjut dengan menggunakan jari yang tersisa (ibu jari, jari telunjuk, dan jari tengah) diatas segitiga 45o sebagai pengendali 45o tersebut, contohnya dibawan ini :



  1. Setelah teman letakan jari-jari yang tersisa seperti gambar diatas, berarti teman sudah bisa menggunankannya dan mulai menggambar garis horizontal. Gunakan jari yang tersisa ( ibu jari, jari tengah, dan jari telunjuk ) untuk menggeser mistar segitiga 45o turun dan naik sesuai dengan garis yang ingin teman tempatkannya dimana.

Membuat garis vertical

  1. Caranya hampir sama dengan yang diatas, letakkan sepasang segitiga seperti gambar dibawah ini diatas lembar kerja atau kertas gambar :


  1. Pastikan mistar segitiga 45o pada posisi lurus dan letekkan pada posisi yang teman inginkan, kemudian letakkan mistar segitiga 60o dibawah mistar segitiga 45o seperti pada gambar diatas. Nah kalau semuanya sudah ada pada posisi yang pas, letakkan telapak tangan teman diatas mistar segitiga 60o seperti gambar dibawah ini :


  1. Kemudian gunakan ibu jari teman sebagai pendukung untuk makin memperkuat posisi mistar segitiga 60o seperti gambar dibawah ini :


  1. Nah jari-jari yang tersisa seperti jari telunjuk, jari tengah, jari manis, dan jari kelingking berfungsi sebagai pengendali mistar segitiga 45o ke kiri dan ke kanan sesuai kebutuhan teman.

Mudah sajakan. Semoga apa yang saya bagikan ini berguna dan bermanfaat untuk teman membantu teman dalam menyelesaikan tugas sekolah atau lainnya yang berhubungan dengan sebuah garis. Hehehe. Yup sampai sini dulu. OK^_^

4 komentar:

  1. Wah. Artikel yang sangat bagus sob. dengn ini orang tidk susah untuk gambar...thanks ya

    BalasHapus
  2. Thanks teman......kmu Arsitek ya....????

    BalasHapus
  3. ah ga, aku sastra sob...kamu prnh main ke Jakarta?

    BalasHapus
  4. Ooooo...Pernah sih sekali dan ga tau kapan lagi baru main kestu...

    BalasHapus

Berikan komentar positif Anda tentang artikel ini